How to Get High Score on IELTS


Halooo... Rasanya udah lama ya gak nge-blog. Kali ini saya mau nulis dalam Bahasa Indonesia. Kenapa? Karena info yang mau saya sampaikan di sini mungkin hanya bisa bermanfaat untuk orang Indonesia aja, hehehe.. Tadinya saya mau nulis tentang bagaimana cara mendapatkan Beasiswa ke luar negeri, tapi rasanya saya perlu nulis tahap pertamanya dulu kali yaa sebelum hunting berbagai macam beasiswa.

IELTS. International English Language Testing System. Hampir semua negara memerlukan IELTS untuk syarat masuk diterima di Universitas Internasional. Terlebih lagi untuk negara Commonwealth atau English-Speaking country. Kisaran nilainya juga macam-macam. Standarnya sih 6.5 tapi untuk beberapa course banyak yang meminta lebih karena kebutuhan di tiap Universitas dan Jurusan berbeda-beda.

Pertama kali saya tes pada akhir tahun 2012 di IDP Pondok Indah, saya mendapat nilai 6.5 yang menurut saya sendiri masih kurang karena belum maksimal belajar hehehe. Dari pengalaman pertama saya tes, dapat disimpulkan kalau IELTS ini unik, karena berbeda dengan paper-based TOEFL yang biasa orang-orang Indonesia ikuti. IELTS ini meliputi Listening, Reading, Writing dan juga Speaking dan menurut saya penilaiannya objektif sekali karena mencakup semua aspek yang diperlukan dalam lingkup akademis. Oh iya, kalau tujuannya untuk sekolah, fokusnya adalah Academic IELTS ya, bukan yang General. 

Soal-soal IELTS juga gak seperti TOEFL yang polanya sering berulang. IELTS cenderung lebih bervariasi, sehingga kemampuan basic bahasa inggris kita benar-benar terlihat. Kalau kamu merasa memiliki bahasa inggris yang pas-pasan, saya menyarankan untuk memperdalam basic bahasa inggris kamu dahulu. Bisa dengan mengikuti les bahasa, sering-sering nonton serial TV dengan subtitle English, dengerin lagu-lagu bahasa inggris, baca novel atau yang lainnya yang kamu suka. Kalau kamu merasa sudah cukup, bisa dicoba untuk ambil try-out IELTS (biasanya SUN Education sering ngadain) dan diukur lagi apakah nilainya udah cukup untuk masuk Universitas yang kamu tuju? Kalau belum, kamu bisa ambil kursus IELTS atau juga beli buku panduannya dan belajar sendiri. Percaya deh, kalo ada kemauan yang kuat, pasti bisa kok dapet nilai yang diinginkan. Tapi tetep usaha yaaa heheh...

Jadi setelah saya tes pada November 2012, saya coba apply beberapa beasiswa ke beberapa negara yang saya tuju (UK, Australia dan NZ). Oh iya, IELTS ini berlakunya hanya 2 tahun, jadi saya waktu itu usaha agar dalam 2 tahun ini bisa lolos beasiswa. Apa dikata nasib berkata lain, saya belum beruntung. Tadinya saya udah pasrah mau ikut beasiswa dalam negri (ITB), tapi saya masih yakin peluang ada. Setelah IELTS saya expired (Akhir 2014), saya apply beasiswa Double Degree UGM-UK dan Alhamdulillah diterima dan mulai kuliah pertengahan 2015. Jadi skemanya sama-sama kuliah full-time di UGM dan di UK tapi karena S2 di Indonesia butuh 2 tahun, jadi kuliah saya selama di UGM bisa dibilang padet-sepadetnya karena harus selesai semua modul standar 2 tahun (kecuali tesis) dalam jangka 1 tahun. Di UK pun memang standar kuliah full-timenya 1 tahun, jadi saya di sana menjalani kuliah biasa dari nol lagi.

Contoh Hasil IELTS Online
Back to IELTS, jadi awal tahun 2016 saya ikut IELTS lagi karena yang lama ya pastinya sudah hangus masa berlakunya haha dan Alhamdulillah saya dapat score 7. Gimana caranya bisa dapet overall 7? Jadi selama 2 tahun dulu saya cari beasiswa, saya terlatih untuk menulis essay dan motivation letter untuk apply berbagai macam beasiswa yang berbeda-beda. Jadi kemampuan writing saya bisa dibilang terbantu dengan adanya proses hunting beasiswa hehe. Kemudian saya juga makin hobi baca novel, dalam bahasa inggris tentunya dan juga nonton serial TV dari BBC. Ditambah setahun saya di UGM, saya masuk di kelas internasional sehingga sehari-hari terbiasa menggunakan bahasa inggris baik presentasi, tugas, ujian, maupun komunikasi.

Intinya adalah asah terus kemampuan bahasa inggrismu, dan jangan pernah takut untuk mencoba. Semuanya berawal dari mimpi, kan?

0 comments:

Post a Comment

Copyright 2009 I AM THE MOB. All rights reserved.
Free WPThemes presented by Leather luggage, Las Vegas Travel coded by EZwpthemes.
Bloggerized by Miss Dothy